Pengalaman Berpuasa Kami



Kita juga memiliki tanya jawab dengan jemaat kami dari Hills (Beecroft)

Ko dede (Ps Nicolas Sofyan) memulai puasa untuk EM Hills dan di bawah ini ia menjelaskan mengapa ia melakukan ini tahun ini 😊


MENGAPA PENTING CEPAT?

Puasa Kristen adalah pantang sukarela orang percaya dari makanan untuk tujuan rohani. Jenis puasa lainnya — terlepas dari manfaat yang dapat mereka peroleh bagi pikiran dan tubuh — tidak dapat diklasifikasikan sebagai puasa Kristen, dan puasa oleh orang yang bukan Kristen tidak memperoleh nilai kekal.


Yesus berpuasa dan Dia berkata:

Matius 6:16 “Dan sekarang tentang puasa. Ketika Anda berpuasa, menolak makanan Anda untuk tujuan spiritual, jangan lakukan itu di depan umum, seperti yang dilakukan oleh orang-orang munafik, yang mencoba terlihat lemah dan berantakan sehingga orang akan merasa kasihan pada mereka. Sungguh, itu adalah satu-satunya hadiah yang akan mereka dapatkan. "


Orang Kristen dalam kitab Kisah Para Rasul berpuasa (lihat 9: 9; 13: 2; 14:23), kita dapat menyimpulkan bahwa Yesus masih mengharapkan para pengikut-Nya berpuasa hari ini.

Bagi orang percaya dalam Kristus, puasa harus berakar dalam hubungan dengan Kristus dan dipraktikkan dengan keinginan untuk menjadi lebih seperti Kristus. Orang percaya harus berpuasa sesuai dengan ajaran Alkitab dan dengan tujuan yang berpusat pada Tuhan.



APAKAH TUJUAN KITA BERPUASA SEBAGAI ORANG KRISTEN?

Adalah penting bahwa jemaat tidak hanya melakukan puasa tetapi mereka melakukannya dengan tujuan. Alkitab mengemukakan banyak tujuan puasa, misalnya:

1. Untuk Memperkuat Doa

2. Untuk Mencari Bimbingan Tuhan

3. Untuk Mencari Pembebasan atau Perlindungan

4. Untuk Mengungkapkan Pertobatan dan Pengembalian kepada Allah

5. Merendahkan Diri di hadapan Tuhan

6. Untuk Mengatasi Pencobaan dan Mengabdikan Diri untuk Tuhan

7. Untuk Mengungkapkan Cinta dan Ibadah kepada Tuhan



BAGAIMANA CARA KITA BERPUASA?

Meskipun ada banyak metode puasa, setelah 9 tahun jemaat kami melakukan puasa, saya berharap mereka dapat memilih tipe mana yang cocok untuk gaya hidup mereka selama mereka memahami tujuan puasa.


Di masa lalu, beberapa orang memilih untuk hanya makan siang dan berpuasa.

Satu orang yang saya kenal hanya makan satu kali di pagi hari sekitar jam 4 pagi.

Sebagian besar jemaat membuka puasa mereka sekitar pukul 16:00 hingga 21:00. Mereka bebas minum air sepanjang hari.


Karena mereka telah melakukan ini cukup lama, saya tidak berharap mereka melakukan puasa karena kewajiban (di bawah semangat agama) dengan menekankan pada aturan, tetapi lebih banyak tujuan spiritual yang dicapai melalui puasa mereka: Puasa membawa saya lebih dekat kepada Tuhan ? Apakah itu membuat saya lebih banyak berdoa? Apakah saya menjadi orang yang lebih bisa mengendalikan diri? Apakah saya lebih memahami hati Tuhan ?, dll.



Di bawah ini adalah kesaksian teman-teman kita dari Hills sehubungan dengan bulan puasa mereka



Kiki Anggoro

1. Bagaimana pengalaman Anda berpuasa tahun ini?

Puasa membuat saya mampu untuk lebih bisa mengendalikan diri dan lebih bisa mengerti apa yang Tuhan mau.


2. Apakah ini pertama kalinya Anda melakukannya? (Atau sudah berapa tahun Anda berpartisipasi dalam puasa?)

Saya sudah 6 tahun mengikuti puasa.


3. Apa tantangan utama yang Anda alami?

Saya harus menantang diri saya untuk bisa berhenti minum kopi selama puasa. Dan ini sangat tidak mudah karena badan saya sudah terbiasa dengan asupan kafein. Jadi ini adalah bagian yang paling berat buat saya.


4. Apakah Tuhan berbicara kepada Anda lebih jelas selama puasa?

Ya, karena ini adalah salah satu doa saya selama puasa, untuk bisa lebih peka lagi dalam mendengar suara Tuhan.



Chen Lay

1. Bagaimana pengalaman Anda berpuasa tahun ini?

Dengan berpuasa saya belajar untuk lebih dekat lagi dengan Tuhan dan belajar menguasai diri dari keinginan keinginan daging.


2. Apakah ini pertama kalinya Anda melakukannya? (Atau sudah berapa tahun Anda berpartisipasi dalam puasa?)

saya telah berpartisipasi selama.tujuh tahun


3. Apa tantangan utama yang Anda alami?

Waktu kita memasak makanan dalam keaadan lapar tapi tidak bisa menikmatinya pada.saat itu juga tetapi harus menungu sampai waktunya.


4. Apakah Tuhan berbicara kepada Anda lebih jelas selama puasa?

Iya.



Jessica Lie

1. Bagaimana pengalaman Anda berpuasa tahun ini?

Puasa saya secara keseluruhan sangat baik, saya selalu suka melakukan puasa awal tahun bersama dengan gereja karena saya tahu saya memiliki orang-orang yang melakukannya bersama saya.


2. Apakah ini pertama kalinya Anda melakukannya? (Atau sudah berapa tahun Anda berpartisipasi dalam puasa?)

Saya benar-benar tidak yakin berapa tahun saya telah berpartisipasi dalam puasa - mungkin sejak saat saya berusia remaja, jadi saya pikir 5+ tahun?


3. Apa tantangan utama yang Anda alami?

Saya pikir tantangan utama yang saya alami adalah secara sadar menyadari alasan mengapa saya berpuasa. Senin - Jumat saat bekerja, waktu benar-benar tidak berasa. Sangat mudah bagi saya untuk menjalani satu hari dan lupa untuk berdoa atau lupa untuk mencari kehadiran Tuhan sepanjang hari saya. Tetapi saya tidak ingin melakukan itu karena saya mungkin saja melakukan diet biasa. Jadi saya pikir tantangan terbesar saya adalah tidak membiarkan 'kesibukan' hari-hari saya mengalihkan perhatian saya dari mencari Tuhan lebih banyak, yang merupakan tujuan saya dalam puasa.


4. Apakah Tuhan berbicara kepada Anda lebih jelas selama puasa?

Iya nih. Saya pikir ketika kita menjadi sangat intens dalam mencari Tuhan, dan juga gigih menunggu suara-Nya, Dia menghormati itu dan akan berbicara kepada kita jika kita mendengarkan. Bahkan dalam hal-hal kecil sepanjang hari saya, saya menemukan bahwa jika saya berada dalam persekutuan yang konstan dan percakapan dengan Tuhan saya akan merasakan Dia mendorong saya dalam apa yang saya katakan dan lakukan. Dan dengan itu saya berusaha keras untuk tidak menjadi sesuatu yang hanya terbatas pada puasa. Saya mencoba melihat puasa sebagai semacam katalis di mana kebiasaan yang saya bentuk dalam mencari Tuhan mengalir ke dalam kehidupan saya sehari-hari, dan tidak hanya ketika saya berpuasa.


Ecclesia Mission
   Church

(02) 9090 2011

info@ecclesiamission.com

Level 1, 944 Anzac Parade

Maroubra, NSW 2035

  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon

©2018-2019 by Ecclesia Mission.

Ecclesia Mission is in affiliation with Churches of Christ New South Wales Conference (freshhope.org.au)

EM-Transparent.png